RPPH Tema Lingkunganku/ Sekolahku/Bermain Balok Minggu 8 SMT 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok : A
Usia :4-5 Tahun
Semester/Minggu : 1/8
Tema/Sub Tema/Sub Sub Tema : Lingkunganku/ Sekolahku/Bermain Balok membuat
Sekolah
Hari/tanggal : Ke 1 .....................................................
KD : 1.1, 1.2, 2.4, 2. 10, 2.11, 3.3, 3.4, 3.6, 3.7, 3.9, 3.8, 3.11, 3.12, 3.14, 3.15, 4.4, 4.6, 4.7,
4.9, 4.10, 4.11, 4.12, 4.14, 4.15
RPPH KLP B Minggu 8 SMT 1 : RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Beberapa indikator pencapaian pembelajaran pada kegiatan ini antara lain:- Menunjukkan sikap percaya diri, mandiri, tanggung jawab, dan mengatasi keperluan
dirinya sendiri
- Menyanyi lagu “Taman kanak-kanak”
- Menceritakan kembali cerita guru
- Membentuk rumah dari balok
- Mengelompokkan balok
- Menggambar sekolah
Media dan Sumber Belajar
CD lagu, balok bentuk-bentuk geometri, kertas, pensil, krayonI. Pembukaan ( 30 menit )
- Berdo’a, berbaris, salam
- Bercakap-cakap sesuai tema,misalnya tentang sekolah
II. Inti ( 60 Menit )
a. Mengamati
- Anak mengamati bangunan sekolah
- Anak mengamati balok berbagai bentuk
b. Menanya
Anak di dorong untuk bertanya tentang objek yang diamati :
- Anak bertanya tentang sekolah
- Anak bertanya tentang guna sekolah
c. Mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan
- Guru menunjukkan bangunan sekolah dan balok-balok serta menceritakannya tentang
sekolah dan membuat bangunan sekolah dari balok-balok
KEGIATAN 1 : Berbagi cerita sekolah
- Anak bercerita tentang sekolah secara bergiliran
- Anak memperhatikan dan menyimak setiap temannya sedang berbicara
KEGIATAN 2 : Membuat bangunan sekolah dari balok
- Guru mengajak anak melihat secara jelas bangunan sekolah
- Anak menyusun membuat bangunan sekolah dari balok
- Anak menceritakan bangunan yang dibuatnya
KEGIATAN 3 : Menggambar dan menceritakan gambar sekolah
- Anak menggambar danmemberi warna
- Anak menceritakan gambar yang dibuat di depan teman-temannya
III. Istirahat ( 30 Menit )
- Cuci tangan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
- Makan bersama
- Bermain bersama
IV. Penutup ( 30 Menit )
- Menyanyi lagu : “Taman kanak-kanak”
- Berdo’a, berbaris, salam
Kegiatan Pengaman : Bermain puzzle, bermain balok
PENILAIAN
KD Indikator Pencapaian
Pembelajaran
Penilaian : BB MB BSH
DOWNLOAD LINK :