' name='keywords'/> Portal Download: RPPH TK B Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman MINGGU 8 SMT 1

Minggu, 17 September 2017

RPPH TK B Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman MINGGU 8 SMT 1

RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B1
TEMA : KEBUTUHANKU / MAKANAN/MINUMAN

Model Pembelajaran : Area
Semester/bulan/Minggu ke : 1/September /8
Tema / Sub Tema : Kebutuhanku /makanan -minuman
Kelompok / Usia : B1/5 – 6 Tah
Hari / Tanggal : Senin / 18 septemner 2017

RPPH Tema KEBUTUHANKU Sub. Tema: Makanan/ Minuman

Kegiatan:

  1. doa sebelum dan sesudah belajar,
  2. bersyukur atas rejeki maqkanan minuman
  3. menyebutkan dan menyajikan makanan bergizi
  4. menuliskan urutan gambar yang berwarna
  5. mewarnai minuman kesukaan
  6. mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
  7. hafalan doa mau makan dan selesai makan

Materi yang masuk dalam pembiasaan

  1. Bersyukur atas rejeki Tuhan
  2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

Alat dan Bahan

  1. Gambar telor, ayam goreng, gunting, piring kertas , sendok , sendok plastik,, sobekan kertsa
  2. Lembar Kerja menuliskan urutan gambar berwarna, , pensil
  3. Gambar gelas, spidol
  4. Gambar anak berdoa, krayon
  5. Gambar makanan bergizi, macam – macam minuma, buah, telur

Pembukaan

  1. Doa sebelum belajar, presensi
  2. Bernyanyi “asalamualaikum
  3. Mengenalkan aturan bermain
  4. Berdiskusi makanan yang bergizi, minuman yang sehat
  5. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas rejekiNya
  6. Berdiskusi tentang Area yang dibuka hari ini ( area sains, seni, matematika, agama)

Inti

  1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
  2. Guru menanyakan konsep benda , warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
  3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
  4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
  5. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
    1. Area Seni Mewarnai minuman kesukaan
    2. Area Sains : menyajikan makanan bergizi
    3. Area berhitung/ matematika:: menuliskan urutan gambar yang berwarna
    4. Area Agama : mewarnai gambar anak yang sedang berdoa
  6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
  7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.

Penutup

  1. Menanyakan perasaan selama bermain hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang makanan yang tidak sehat/ tidak baik untuk kesehatan
  4. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  5. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
  6. Berdoa setelah bermain dan belajar

D. Rencana Penilaian

  1. Indikator Penilaian

Program
Pengembangan


DOWNLOAD LINK :