' name='keywords'/> Portal Download: METODE MENGAJARKAN MENYANYI YANG BENAR PADA ANAK PAUD

Rabu, 10 Mei 2017

METODE MENGAJARKAN MENYANYI YANG BENAR PADA ANAK PAUD

berkas-paud | METODE MENGAJARKAN MENYANYI YANG BENAR PADA ANAK PAUD  Ayah Bunda PAUD sekalian, Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini salah satu aspek Penting diantaranya pengembangan seni di TK/PAUD, khususnya  kegiatan seni suara atau Menyanyi untuk anak PAUD sangatlah penting. Sehari-hari kita tentunya sering mendengar anak-anak kita menyanyi, kebanyakan anak yang menyanyi terdengar mereka menyanyi dengan cara mereka sendiri, ada yang salah atau anak bernyanyi hanya dalam satu nada monoton? Anak menyanyi tidak terdengar naik-turun melodi lagunya, yang terdengar ditelinga kita hanyalah melodi 'datar' yang menonton.
METODE MENGAJARKAN  MENYANYI YANG BENAR PADA ANAK PAUD
METODE MENGAJARKAN  MENYANYI YANG BENAR PADA ANAK PAUD 

Atau anak yang bernyanyi di luar melodi lagu yang seharusnya, yang biasanya diistilahkan dengan bernyanyi dengan nada sumbang atau 'blero'? keadaan ini terjadi karena anak tersebut tidak menyadari kemampuan mekanisme bernyanyi (vokal)-nya. Atau anak PAUD belum menyadari bahwa bernyanyi merupakan salah satu kombinasi perubahan-perubahan pada pitch dan ritmik. Antara anak yang satu dengan anak yang lain memiliki kepekaan yang berbeda akan pitch. Anak yang memiliki kepekaan kecendrungan dapat bernyanyi tanpa beban. Namun beberapa anak mungkin memerlukan latihan sedikit lebih keras dalam memfokuskan perhatiannya pada tingkat-tingkat pitch dan perubahannya sebelum mereka mempelajari melodinya secara utuh.

METODE MENYANYI PADA ANAK PAUD 

Sebagai pendidik dan guru yang akan mengembangkan bakat dan potensi anak, tentunya kita perlu melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap kemampuan anak dalam hal menyanyi tersebut. Karena itu ada beberapa langkah-langkah yang dilakukan, yang pertama Untuk membantu anak agar dapat membedakan pitch nada dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya adalah:
  1. Menirukan model (Guru pendidik/rekaman)
  2. Membedakan pitch yang beragam
  3. Bernyanyi bersahutan
  4. Memanfaatkan alat musik
  5. Wilayah suara anak usia TK berkisar antara not e hingga d', atau 4 (empat) atau (lima) nada di sekitar not f dan not g.
Baca Juga :Tahap-tahap Perkembangan Bermain Anak Usia Dini (PAUD)
Warna suara anak PAUD biasanya bisa tinggi, ringan, dan melengking mirip suara seruling. Karena itu karakter suara ini harus disesuaikan dengan lagu-lagu anak. Artinya pilihlah lagu dengan wilayah nadanya sesuai dengan wilayah suara anak, hindarkan dari lagu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk dinyanyikan anak. Selain itu, guru perlu mendorong semangat dan perasaan yang diekspresikan dalam nyanyian anak-anak PAUD kita.


Anak tidak dapat dipaksa untuk tertarik atau berminat dalam kegiatan bernyanyi pada waktu tertentu. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan teknik merangsang untuk memotivasi anak agar tertarik ikut menyanyi. Misalnya Pendidik dapat memperdengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh artis cilik yang menjadi idola mereka.

Kriteria Lagu Untuk Anak 

Kepada Anak Usia dini hendaknya kita ajarkan Lagu anak-anak tertentunya. lagu untuk anak-anak harusnya berbeda dengan lagu orang dewasa, sesuai dengan usia dan perkembangan anak, lagu anak ini memiliki karakterisitik tersendiri seperti berikut ini :

  1. Memiliki pola-pola melodi yang sederhana
  2. Memiliki keutuhan dan kelengkapan sehingga membuat lagu tersebut terasa enak dinyanyikan
  3. Wilayah nada melodinya mudah dinyanyikan anak.
  4. Memiliki pola ritmik yang menarik namun tidak sulit untuk dinyanyikan.
  5. Biasanya judul lagu sederhana, menarik seperti "Naik Delman", "Balonku", "Ayo Sekolah", dan sebagainya.
  6. Memiliki muatan nilai-nilai moral dan nilai pendidikan yang baik untuk anak usia dini
Silahkan Download Kumpulan Lirik Lagu Anak PAUD-KB-TK-RA Terbaru Semua Tema

Sebaiknya juga lagu-lagu yang diberikan kepada anak adalah lagu yang memiliki keriteria sebagai berikut :

  1. Melodi yang dinyanyikan mudah diingat dan cukup menarik untuk dinyanyikan tanpa teks lagu.
  2. Ritmik lagu mampu membangkitkan suatu respons ritmis pada anak
  3. Teks lagu sesuai dengan pola ritmik dan garis musiknya, dan dunia anak.
  4. Teks lagu memungkinkan bisa saja hambar, pengulangan, halus, atau kepahlawanan, tetapi merupakan nasihat atau ditulis untuk tujuan mendidik
  5. Melodinya dapat dinyanyikan dengan tepat oleh anak-anak dalam wilayah suara mereka. 
Demikian bunda sekalian tentang cara mengajarkan anak PAUD menyanyi yang baik benar, semoga bermanfaat. Terimakasih Atas kunjungannya.