Berkas-paud - RPPH Tema Tentang Api Untuk 1 Minggu Semester 2, Menjelang Semester 2 Pembelajaran jenjang Anak Usia Dini TK, PAUD, RA, KB, TPA, Mari kita persiapkan segala sesuatunya Mulai dari PROMES (Program Semster) RKM/RPPM (Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan) dan RKH/RPPH (Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan) yang sesuai dengan kurikulum Nasional yang diberlakukan pada tahun pelajaran 2016-2017; bagi yang belum memiliki, Silahkan Download Contoh RKM/RPPM PAUD Kelompok A dan Kelompok B Semester 2 Lengkap Kurikulum 2013,
RPPH Tema Tentang Api Untuk 1 Minggu Semester 2 |
Rencana Pelaksaan Pembelajaran Harian
Nama Lembaga : TK/PAUD ..........................
Semester/Bulan/Minggu : II/................/Ke-....
Hari / Tanggal :..............................
Kelompok/ Usia : A / 4 – 5 tahun
Tema / Sub Tema/Sub-sub Tema : Air Api Dan Udara
A. Muatan Materi :
1 NAM 4.2 menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
• Mengucap dan menjawab salam
• Berdoa sebelum dan sesudah belajar dengan membaca surat Al-Fatihah
2 Fismot 4.3 Menggunakan anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar
• Menggunting gambar gerbong kereta api
• Menirukan gerak kereta api dengan berbaris sambil menggerakkan tangan kedepan kebelakang
3 Kognitif 4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
• Mengurutkan gambar gerbong kereta api sesuai dengan urutan lambang bilangan
4 Bahasa 3.11 Memahami bahasa ekspresif
• Mengenal huruf penyusun kata kereta api
• Menyanyikan lagu naik kereta api
5 Sosem 2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
• Menirukan gerak kereta api dengan berbaris bersama-sama
6 Seni 2.4 Mencerminkan perilaku yang mencerminkan sikap estetis
• Menunjukkan hasil karya kereta api di depan kelas
B. Alat dan bahan :
Alat :
- Pensil warna, Krayon
- air, serbet
- bekal anak
- air, serbet
- bekal anak
Bahan :
- Lagu "APl"
- Gambar api
- Gambar rumah terbakar
- Gambar rumah,
- Gambar api
- Gambar rumah terbakar
- Gambar rumah,
C. Metode
Demonstrasi, bercakap-cakap, pemberian tugas
D. Langkah-langkah kegiatan
I. Kegiatan pembuka (±30 menit)
1. Mengajak anak melingkar sambil menyanyi “lima jari”
2. Anak berdoa sebelum belajar secara bersama-sama dipimpin oleh guru.
3. Guru menyapa anak.
4. Guru dan anak melakukan presensi melalui nyanyian “Good Morning“
5. Guru melakukan kegiatan apersepsi melalui pertanyaan :
- Siapa yang suka berpergian?
- Kalau beergian naik apa biasanya? (motor,mobil,bis,kereta api)
- Ibu guru mempunyai tebakan anak-anak, nanti kita jawab bersama-sama ya
- Ini sebuah kendaraan, bentuknya panjang seperti ular, mempunyai jalur sendiri, hayo siapa yang bisa menebak kendaraan ini (disini anakdiharapkan untuk berebut dalam menjawab pertanyaan, jawabannya berupa kereta api, bis,truk,dll)
- Siapa yang sudah pernah melihat kereta api?
- Siapa yang sudah pernah naik kereta api? Pergi kemana?
6. Guru dan anak melakukan tanya jawab kegiatan yang dilakkan kemarin, kemudian guru mengenalkan tema dan kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
- Apa yang sudah kita pelajari kemarin ? belajar tentang tempat tempat rekreasi
- Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari salah satu kendaraan yang digunakan untuk rekreasi yaitu kereta api
II. Kegiatan inti (±60 menit)
Kegiatan Aktivitas
➢Mengamati
- anak dapat memahami tentang terjadinya kebakaran
- anak depat menceritakan kemball apa yang didengarnya
➢Menanya
- anak depat menceritakan kemball apa yang didengarnya
➢Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang miniatur kereta yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait kereta api yang diamati.
Apakah bentuk kereta api ?
Dimana kereta api berhenti ?
Dimana kereta api berjalan ?
➢Menalar / menggali informasi
- anak dapat mendengarkan perca kapan tentang api
- anak dapat menyimak apa yang telah didengarnya dengan baik
- anak dapat menyimak apa yang telah didengarnya dengan baik
- Guru memberikan pertanyaan tentang kereta api.
• Dimana kereta api berhenti?
• Siapa yang mengemudikan kereta api?
• Bagaimana cara naik kereta api?
• Siapa saja yang bekerja di kereta api?
➢Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
➢Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan kembali ciri-ciri kereta api
- Anak dapat menirukan gerak kereta api
- Anak dapat menempel gambar gebrong kereta api sesuai dengan urutan lambang bilangan 1 sampai 5
- Menyanyikan lagu “naik kereta api”
III. Kegiatan istirahat (±30 menit)
1. Mencuci tangan
2. Berdo’a sebelum makan dan minum
3. Makan
4. Bermain bebas
IV. Kegiatan penutup (±30 menit)
1. Anak berdoa sesudah makan dan minum
2. Recalling.
➤Guru meminta salah satu anak menyampaikan materi yang sudah dipelajari.
3. Pesan moral.
➤Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang materi hari ini :
- Ketika naik kereta api kita harus mengantri tiket terlebih dahulu, masuk secara tertib, duduk sesuai dengan nomer yang ada pada tiket.
4. Pesan esok hari.
➤Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari esok hari tentang perlengkapan rekreasi
5. menyanyi Lagu "api" (AK 10 )
nirukan kata=
Api, ABU, ASAP, ARANG
mengungkapkan Bahasa 2)
nirukan kata=
Api, ABU, ASAP, ARANG
mengungkapkan Bahasa 2)
6. Anak berdoa sesudah belajar
7. Salam
8. Pulang
E. Instrumen penilaian :
Catatan observasi, catatan anekdot, hasil karya anak.
Untuk RKH/RPPH PAUD Semester 2 Tema Air Api Dan Udara ini dapat ayah bunda download pada Link di bawah ini.
RPPH Tema Tentang Api Untuk 1 Minggu Semester 2
[Download]
[Download]
Demikian RPPH Tema Tentang Api Untuk 1 Minggu Semester 2, semoga bermanfat buat ayah bunda semuanya.